Senin, 24 November 2008

Cuci Darah (Hemodialisis)







Senin, 24 November 2008 (22:52 WIB)






Tadi pagi aku mengantar mamaku menjalani cuci darah (hemodialisa) di Rumah sakit Darmo surabaya. Mamaku harus menjalani cuci darah rutin 5 hari skali selama sisa hidupnya. Saat ini umur beliau 60 tahun. Mamaku pertama kali didiagnosa menderita gagal ginjal sekitar setahun yang lalu. Gejalanya beliau sering mengeluh mual-mual, badan gatal semua dan yang paling parah badannya membengkak karena cairan dalam tubuhnya tidak dapat dikeluarkan. Gagal ginjal diderita mamaku disebabkan karena penyakit diabetes yang sudah dideritanya selama lebih dari 20 tahun. Pada malam takbiran Idul Fitri 1427 H itulah saat pertama kali mamaku menjalani cuci darah.



Keluarga kami pada awalnya sempat shock dan tidak dapat menerima keadaan ini. Terlebih lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali cuci darah sekitar Rp 1 juta. Lumayan besar, terlebih lagi bagi kami yang tidak tercover oleh asuransi. Tetapi dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan. Dan atas rahmat Allah SWT. Alhamdulilah hingga saat ini kami selalu diberi kemudahan rezeki sehingga kami bisa membiayai cuci darah untuk mama.



Oleh karena itu untuk kita yang masih diberi kesehata oleh allah SWT, maka jagalah kesehatan dengan berolahraga secara teratur, makan makanan yang sehat. Banyak minum air putih . Hindari minuman bersoda dan rutin cek kesehatan setiap bulannya,



Semoga pengalaman yang kami alami ini bisa memberikan masukan dan informasi yang berguna agar kita bisa hidup lebih sehat.



4 komentar:

  1. selalu sabar,berusaha gk blh pts asa yg tpenting doa gk pts kpd Allah SWT..ankq yg kcl yg sm namax sm km jg wkt umr 1 1/2 bln oprasi jntung..kyk ap wkt itu aq sedihhx..ah aq gk kwt nulis lg pgn nangis kl inget smuax..

    BalasHapus
  2. yg sbr aj ris,yg tpnting jgn pts asa n gk lp jgn putus doanya pd Allah SWT..cz aq jg png ngrasain gmn sedihx sseorg yg qt cntai n kshi sakit,kyk ankq yg ke-2 yg nmx sm kyk km umr 1 1/2 bln dh oprasi jntg..gk tau gmn p'asaan gw wkt it..tp gw sdih n nangis dpn dia aplg ris wkt dia mo dbw k ruang op,matax ris ngliat gw kyk blg ma2 aq mo dbw kmn?sori ris gw jd pgn nangiss..yg kwt ya..

    BalasHapus
  3. eror kmpter gw..bt..bt..bt ah..upps cm share aj koq gk ad mksd ap2..Insya Allah Rizqi bs dcari tp org yg qt kasihi n qt cintai patut qt jaga

    BalasHapus
  4. Makasih ya.. Aq sih udah bisa menerima keadaan ini. Juga ama mamaku. Jadi yang bisa kami lakukan adalah membuat membuat keadaan selalu bahagia dan biasa. Kami percaya umur seseorang yang nentuin Allah SWT jd apapun yang kami lakukan selalu berbuat yang terbai. Btw saya juga ikut prihatin untuk keadaan anak kamu ya.

    BalasHapus